UMSIDA.AC.ID – Asisten laboratorium (Aslab) Informatika, telah melaksanakan kegiatan “live coding” yang merupakan kegiatan tahunan yang diikuti anggota aslab angkatan 14 dan 15. Sebelum acara live coding ini di laksankan para peserta mendapatkan pelatihan secara langsung oleh pemateri aslab. Pelatihan ini dimulai pada tanggal 25 Maret sampai 11 Mei 2019.

Banyak materi yang di berikan oleh pemateri. Seperti Pencarian masalah dan judul, Menganalisa kebutuhan, Flowchart, Query, HTML dan CSS, PHP. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah skill, Pengetahuan dan kemampuan anggota aslab dibidang informatika.

Acara yang bertempat di laboratorium soft computing ini berlangsung dengan lancar dan terkendali. Para peserta yang telah mendapatan materi kemudian akan mendapatkan tugas dari apa yang telah mereka pelajari. Bukan hanya tugas yang dinilai dari pemateri tapi kelancaran dan ketegasan peserta dalam berargumen dari apa yang telah mereka kerjakan.

Livecoding, adalah salah satu aktifitas rutin yang positif. Kegiatan ini bisa menunjang hard skill, khususnya anggota asisten laboratorium informatika. Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini dilakukan yaitu menciptakan atmosfir akademik dilingkungan mahasiswa informatika pada khususnya dan umsida pada umumnya. Harapan lain bisa menciptakan peningkatan skill asisten laboratorium. Dimana pada sisi lain asisten laboratorium mempunyai tanggung jawab terkait penguasaan keilmuan bidang informatika untuk menunjang pelaksanaan tugas sebagai asisten laboratorium, maka kegiatan live coding ini menjawab akan kebutuhan tersebut.

Sebagai langkah tindak lanjut yang terukur, sebaiknya follow up dari kegiatan ini bisa diteruskan dengan mengikuti kompetisi. Sehingga para peserta yang dikategorikan terbaik bisa menakar kapasitas dari hasil karya atau ide yang sudah dikaryakan pada event live coding.

Kedepan pelaksanaan ini perlu dilakukan evaluasi, sehingga bisa meningkatkan kwalitas dari live coding ini sendiri. Kwalitas bisa dari sisi aturan, muatan materi, dan luaran. Agar langsung bisa dipersiapkan untuk kompetisi diluar umsida bagi yang berhasil menghasilkan karya yang terbaik. Dan tradisi ini bagus  dikembangkan pada mahasiswa informatika  secara umum.

Dengan di adakannya pelatihan ini semoga para peserta lebih menguasai bidang informatika di platform web ataupun android. Dan peserta juga dapat bersaing di lomba nasional maupun internasional. (Haw.2019)

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *