KODE Bahan Kajian Ranah Keilmuan Keterangan
BK1 Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Kompleksitas (AL) Terkait dengan konsep dan keahlian/kecakapan utama yang diperlukan untuk mendesain, menerapkan, dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
Bahasa Pemrograman (PL) Terkait dengan media yang digunakan programmer untuk menjabarkan konsep, memformulasikan algoritma yang diguna- kan, dan alas an atau deskaripsi pemecahan masalah.
BK2 Matematika dan Statistika Ilmu Komputasi(CN) Terkait dengan pengetahuan dan kemampuan yang berkaitan dengan aplikasi ilmu computer untuk memecahkan masalah berkaitan dalam disiplin ilmu yang berbeda-beda.
Struktur Diskrit (DS) Terkait dengan pengetahuan yang berkaitan denan teori, logika, teori grafis, dan teori kemungkinan.
BK3 Arsitektur dan Jaringan Komputer Arsitektur dan Organisasi Komputer (AR) Terkait dengan kemampuan untuk mengembangkan pemaham- an yang lebih mendalam mengenai lingkungan perangkat keras yang menjadi dasar seluruh proses komputasi, serta antarmuka yang dibangun untuk lapisan preangkat lunak yang lebih kompleks.
Sistem Operasi (OS) Terkait dengan pemahaman mengenai sistem operasi yang ber- kaitan dengan pengantarmukaan sistem operasi dengan jarring- an, serta pengembangan desain dan implementasi sistem opera- si.
Dasar-dasar Sistem(SF) Terkait dengan pendekatan integratif atas konsep-konsep dasar secara utuh dan sederhana, yang memberikan dasar umum bagi mekanisme dan kebijakan khusus yang sesuai dengan bidang tersebut.
Jaringan dan Komunikasi (NC) Terkait  dengan  pengetahuan  mengenai  seluk  beluk  jejaring komputer beserta mekanisme protokol komunikasinya.
Penjaminan dan Keamanan Informasi (IAS) Terkait dengan pengetahuan yang menentukan kendali serta proses, baik secara teknik maupun kebijakan, yang dimaksud- kan untuk melindungi serta mempertahankan informasi dan sistem  informasi  dengan  memastikan  kerahasiaan,  integritas dan ketersediaan, serta memastikan adanya verifikasi dan peneriman.
BK4 Grafik Komputer dan Multimedia Grafis dan Visualisasi (GV) Terkait  dengan  kemampuan  untuk  memanipulasi  dan  mem- produksi gambar dengan menggunakan komputer.
Multimedia Terkait dengan kemampuan multimedia dan animasi
BK5 Sistem Cerdas Artificial Intelligence (AI) Terkait dengan pemahaman dalam merancang dan membangun sistem cerdas sebagai solusi atas masalah yang rumit maupun tidak praktis untuk diselesaikan dengan metode tradisional.
Expert Sistem Terkait dengan pemahaman dalam merancang dan membangun sistem cerdas sebagai solusi atas masalah yang rumit maupun tidak praktis untuk diselesaikan dengan metode tradisional.
BK6 Sistem Terdistribusi Komputasi Paralel dan Terdistribusi (PD) Terkait dengan logika eksekusi proses ganda secara simultan, yang operasinya berpotensi untuk beririsan secara kompleks.
BK7 Rekayasa Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer (HCI) Terkait dengan pengetahuan merancang dan membangun interaksi antara manusia dengan “sistem komputasi” (kom- puter) pendukung, serta membangun sistem antarmuka yang mendukung interaksi tersebut.
Manajemen Informasi (IM) Terkait dengan pengetahuan mengenai proses penagkapan, digitalisasi, representasi, organisasi, transformasi, dan presen- tasi  informasi;  algoritma  untuk  akses  serta  pengkinian informasi yang efisien dan efektif; pemodelan data  abstraksi; serta teknik penyimpanan berkas/file.
Pengembangan Berbasis Platform(PBD) Terkait dengan desain dan pengembangan aplikasi perangkat lunak yang berada dalam platform perangkat lunak tertentu.
Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak (SDF) Terkait  dengan  konsep  dan  kecakapan  dasar  yang  berkaitan dengan proses pengembangan perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak (SE) Terkait  dengan  penerapan  teori,  pengetahuan,  dan  praktik untuk membangun sistem perangkat lunak yang handal secara efektif dan efisien untuk memenuhi permintaan pelanggan dan pengguna.
BK8 Pembentukan Karakter Isu Sosial dan Praktek Profesional (SP) Terkait dengan pertimbangan dan analisis mengenai isu sosial, etika, hukum, dan professional yang berkaitan dengan konteks komputasi.
Bahasa Indonesia Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori agama Bahasa Indonesia
Pendidikan Kewarganegaraan Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori pancasila dan kewarganegaraan
Bahasa Inggris Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori agama Bahasa Inggris
Etika Profesi Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Etika dalam Profesi yang dijalankan
BK9 AIK AIK I Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
AIK II Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
AIK III Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
AIK IV Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
BK10 Kecakapan Hidup MAGANG Terkait dengan kecakapan dalam praktik kerja lapangan
KKN Terkait dengan kecakapan hidup dalam masyarakat
SKRIPSI Terkait dengan kecakapan dalam penyelesaian tugas akhir, penelitian dan karya tulis