Laboratorium Informatika

Laboratorium Komputer ini diperuntukkan untuk mahasiswa dan dosen yang akan melakukan praktikum, riset dan penelitian. Penunjang kebutuhan akademik dengan penggunaan laboratorium sebagai sarana dan prasarana untuk Mahasiswa UMSIDA atupun luar.

Laboratorium

Laboratorium Komputer

Lab Game dan Multimedia

Mengkoordinasikan tugas kompleks menciptakan video game baru yang memiliki tugas seperti merancang karakter, level, teka-teki, art dan animasi.

Lab Sistem Komputer dan Komunikasi Data

Menganalisis permasalahan, memberikan solusi berupa perekayasaan, pembuatan dan pengelolaan, serta melakukan evaluasi pada sistem jaringan

Lab Sistem Cerdas

Lab yang merujuk pada Software Engineer, Programmer, atau Computer Scientist yang terutama mengembangkan basis kode untuk video game atau perangkat lunak terkait, seperti alat-alat pengembangan game.

Lab Komputasi

Penunjang untuk kegiatan praktikum , penelitian mahasiswa skripsi, riset dan penelitian dosen di lingkungan UMSIDA

Lab Algoritma dan Pemrograman

Penunjang untuk kegiatan praktikum , penelitian mahasiswa skripsi, riset dan penelitian dosen di lingkungan UMSIDA

Lab Rekayasa Perangkat Lunak

Melakukan analisa kelayakan pembuatan, penerapan proyek perangkat lunak, analisa kebutuhan, perancangan, pembuatan dan penjaminan kualitas perangkat lunak serta melakukan rekayasa ulang perangkat lunak.

Tentang Laboratorium

Apa yang dimaksud dengan Laboratory Center UMSIDA?

Laboratory Center merupakan unit pendukung akademik yang berfungsi sebagai pusat koordinasi, pengelolaan, dan pengembangan seluruh laboratorium di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Unit ini berperan memastikan terselenggaranya proses praktikum dan kegiatan laboratorium secara efektif, efisien, terstandar, serta sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan capaian pembelajaran lulusan.

Sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu universitas, Laboratory Center menerapkan prosedur kerja, standar keselamatan, dan mekanisme layanan yang terintegrasi untuk mendukung keberlangsungan proses belajar mengajar dan kegiatan penelitian.

Apa saja fungsi utama Laboratory Center?

Fungsi utama meliputi:

  1. Pengaturan dan penjadwalan kegiatan praktikum.

  2. Pengelolaan sarana, prasarana, dan peralatan laboratorium.

  3. Penyusunan dan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) keselamatan dan penggunaan laboratorium.

  4. Penyediaan dukungan teknis untuk kegiatan akademik, penelitian, dan inovasi.

Siapa saja yang berhak menggunakan fasilitas Laboratory Center?

Fasilitas laboratorium dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti yang terdaftar di UMSIDA sesuai dengan ketentuan dan jadwal yang telah ditetapkan.

Kegiatan apa saja yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer?

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi:

  • Praktikum pemrograman

  • Basis data

  • Jaringan komputer

  • Multimedia

  • Internet of Things (IoT)

  • Kecerdasan Buatan dan Machine Learning

  • Pengembangan aplikasi serta tugas akademik lainnya

Apakah Laboratorium Komputer digunakan untuk ujian dan sertifikasi?

Ya. Laboratorium Komputer digunakan sebagai fasilitas pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT) serta berbagai kegiatan sertifikasi kompetensi teknologi.

Apakah mahasiswa dapat menggunakan laboratorium di luar jadwal praktikum?

Mahasiswa diperkenankan menggunakan laboratorium di luar jadwal praktikum setelah memperoleh izin dari laboran atau dosen pembimbing serta mengikuti ketentuan penggunaan yang berlaku.

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer UMSIDA merupakan fasilitas utama yang mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi informasi, khususnya pada Program Studi Informatika, Sistem Informasi, dan bidang terkait. Laboratorium ini dilengkapi dengan perangkat komputer, jaringan internet, software pembelajaran, serta sarana pendukung untuk simulasi dan pengembangan aplikasi.

Layanan dan Aktivitas di Laboratorium Komputer

  • Kegiatan Praktikum (Algoritma dan Pemrograman, Algoritma dan Struktur Data, Sistem Operasi, Basis data, Jaringan komputer, Sistem Digital, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Berbasis Web, Pemrograman Berbasis Objek)

  • Kegiatan Evaluasi dan Sertifikasi (Ujian Berbasis Komputer (CBT), Try-out dan sertifikasi kompetensi teknologi, Pengujian proyek akhir mahasiswa)

  • Dukungan Penelitian dan Inovasi (Simulasi perangkat lunak, Pengolahan data dan analisis statistik, Pengembangan prototipe digital)

Pemanfaatan Laboratorium dalam Pencapaian CPL

Kegiatan laboratorium, khususnya pada Laboratorium Komputer, berkontribusi langsung terhadap pencapaian CPL terkait:

  • Penguasaan konsep dan praktik pemrograman

  • Analisis data dan pemodelan sistem

  • Implementasi jaringan dan keamanan sistem

  • Keterampilan teknis pengembangan perangkat lunak

  • Kemampuan problem solving berbasis komputasi

Hal ini mendukung pemenuhan standar akreditasi pada aspek Proses Pembelajaran, Sumber Daya, dan Luaran Pendidikan.

Jam Pelayanan Laboratorium

Kami buka di hari Senin – Jumat,  pada jam 07.00 – 21.00 .

Sabtu Minggu / tanggal merah Libur

Laboratory Center

Rincian jadwal penggunaan laboratorium komputer 

Jadwal penggunaan laboratorium komputer disusun untuk memastikan setiap kegiatan praktikum dan ujian berjalan tertib, teratur, dan tanpa benturan. Melalui jadwal yang terkoordinasi, dosen, mahasiswa, dan laboran dapat memanfaatkan fasilitas secara optimal, menjaga efisiensi penggunaan perangkat, serta mendukung kelancaran seluruh kegiatan akademik di UMSIDA.

Jadwal Praktikum

Jadwal praktikum bisa diliat melalui link https://informatika.umsida.ac.id/layanan-kemahasiswaan/

Jadwal Penggunaan Lab

 
No. Nama MatKul  Hari Jam SKS Nama Dosen Smt/Kelas Ruang
1 PEMROGRAMAN MOBILE SENIN 07:50 3 Moch. Fauzan, S.Kom., M.Kom 7A2 Laboratorium Sistem Cerdas
2 PEMROGRAMAN CITRA DIGITAL SENIN 07:50 3 Rohman Dijaya, S.Kom. M.Kom 7A1 Laboratorium Game dan Multimedia
3 GRAFIKA KOMPUTER SENIN 10:20 3 Rohman Dijaya, S.Kom. M.Kom 5A1 Laboratorium Game dan Multimedia
4 PEMROGRAMAN MOBILE SELASA 08:40 3 Andry Rachmadany, M.Kom. 5A1 Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
5 GRAFIKA KOMPUTER SELASA 10:20 3 Rohman Dijaya, S.Kom. M.Kom 5A2 Laboratorium Game dan Multimedia
6 SISTEM OPERASI SELASA 10:20 4 Sukma Aji, S.T., M.Kom 3A1 Laboratorium Komputasi
7 PEMODELAN GAME RABU 07:50 3 Cindy Taurusta, S.ST., MT. 5A1 Laboratorium Game dan Multimedia
8 PEMROGRAMAN BERBASIS WEB RABU 07:50 4 Ika Ratna Indra Astutik, S.Kom., MT 3A1 Laboratorium Komputasi
9 ALGORITMA & PEMROGRAMAN KAMIS 07:50 4 Uce Indahyanti, M.Kom 1A1 Laboratorium Algoritma & Pemrograman
10 ALGORITMA & PEMROGRAMAN KAMIS 07:50 4 Uce Indahyanti, M.Kom 1A2 Laboratorium Algoritma & Pemrograman
11 PEMROGRAMAN MOBILE KAMIS 07:50 3 Andry Rachmadany, M.Kom. 5A3 Laboratorium Game dan Multimedia
12 PEMROGRAMAN MOBILE KAMIS 07:50 3 Moch. Fauzan, S.Kom., M.Kom 5A2 Laboratorium Sistem Cerdas
13 PEMROGRAMAN BERBASIS WEB KAMIS 10:20 4 Ika Ratna Indra Astutik, S.Kom., MT 3A2 Laboratorium Komputasi
14 PEMROGRAMAN MOBILE JUMAT 07:50 3 Moch. Fauzan, S.Kom., M.Kom 7A1 Laboratorium Sistem Cerdas
15 ALGORITMA & PEMROGRAMAN JUM’AT 07:50 4 Uce Indahyanti, M.Kom 1A3 Laboratorium Algoritma & Pemrograman