Orientasi dan Pembekalan Asisten Laboratorium Informatika Angkatan 19

Asisten Laboratorium (ASLAB) merupakan salah satu wadah pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengasah softskill. Seorang mahasiswa yang baru masuk dalam sebuah kepengurusan organisasi tertentu dituntut untuk dapat mengenal sistem dan aturan. Oleh karena itu para anggota baru diharapkan dapat beradaptasi dengan cepat dan mampu mengenal lingkungan yang baru dengan baik. Untuk itu, dalam mewujudkan tujuan dari kehadiran Asisten Laboratorium Informatika sebagai organisasi yang berupaya untuk mengenalkan dan menjadi seorang pemimpin dalam personal maupun dalam berorganisasi secara global, kualitas dari pengurus dan anggota ASLAB itu sendiri menjadi penentu akan keberhasilan dalam pencapaian tujuan tersebut. Dengan adanya orientasi Asisten dilaksanakan diharapkan Asisten sudah memiliki bekal akademik sesuai program studi Informatika guna menjadi Asisten yang benar – benar berkualitas dan mampu merawat laboratorium serta program kerja yang telah ada dengan baik.

Untuk menjalankan semua program kerja setiap struktural dan divisi diperlukan peran serta mahasiswa program studi Informatika. Oleh karena itu guna mewadahi calon anggota baru ASLAB, maka diadakan Orientasi Asisten Laboratorium Informatika. Orientasi yang ke 19 ini sama halnya dengan 19 tahun ASLAB ini diadakan, guna melatih dan memberikan bekal akademik ilmu tentang IT kepada anggota baru ASLAB agar siap untuk ikut berperan dalam program kerja serta kewajiban sebagai ASLAB dan mewujudkan Asisten seperti semboyan yang telah ada. Orientasi dilakukan setelah penyaringan dari mahasiswa – mahasiswa yang kompeten untuk dimatangkan lagi skill yang telah mereka miliki. Kegiatan Orientasi ASLAB yang diadakan tiap tahun dengan semboyan Kreatif, Cerdas dan Inovatif dan Tema “Disinilah Tempat Belajar & Berlatih Menjadi Calon Pemimpin.”

Dengan semboyan tersebut diharapkan para anggota baru ASLAB Informatika menjadi Asisten yang benar – benar lebih unggul dari rekan mahasiswa dan bisa menjadikan teladan serta tutor yang baik juga berkualitas. Oleh karena itu Orientasi ini mengusung sebuah konsep untuk mengajarkan dan melatih juga menfokuskan mahasiswa untuk meningkatkan skill mereka. Dengan berproses maka diharapkan anggota baru ASLAB dapat mengimplementasikan dalam segala hal, entah dalam laboratorium maupun universitas dalam kegiatan organisasi. Selain berproses konsep yang akan diusung adalah membangun kebersamaan antar anggota ASLAB. Dengan kebersamaan diharapkan seluruh anggota menjadi sebuah keluarga besar ASLAB yang nantinya dapat mendukung segala kegiatan laboratorium dan universitas dalam membantu memecahkan segala masalah akademik yang dihadapi, serta menjadi asisten praktikum yang kompeten. Asisten Laboratorium berkewajiban untuk membantu segala proses yang berhubungan dengan laboratorium Komputer dibawah naungan Laboran/Kepala Program Studi.

 
 

Related Posts