Program Akademik

o Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS MK Prasyarat Sifat MK Kompetensi Kelompok MK
Teori Praktek Umum Utama Khusus
Semester 1
1 TI00103 AL ISLAM & KEMUHAMMADIYAHAN 1 2         MPK
2 TI00302 BHS  INGGRIS 2         MKK
3 TI00305 PENGANTAR TEK. INFORMASI 3         MKK
4 TI00309 KALKULUS 3         MKK
5 TI00306 ALGO &  PEMROGRAMAN 3         MKK
6 TI00310 SISTIM DIGITAL 3         MKK
7 TI00108 PANCASILA 2          
8 TI00403 PRAK. SIST DIGITAL 1         MKB
9 TI00401 PRAK. ALGO &  PEMROGRAMAN 1         MKB
Jumlah SKS 20              
Semester 2
1 TI00104 AIK   II 2 TI00103       MKK
2 TI00303 BAHASA INGGRIS II 2           MKK
3 TI00307 ALGO & STRUK DATA 3 TI00306       MKK
4 TI00315 ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER 3         MKK
5 TI00311 MATEMATIKA DISKRIT 3         MKK
6 TI00312 BASIS DATA 1 3         MKK
7 TI00102 BHS. INDONESIA 2         MPK
8 TI00406 PRAK BASIS DATA ** 1 TI00312       MKB
9 TI00402 PRAK. ALGO & ST DATA 1 TI00306       MKB
Jumlah SKS 20              
Semester 3
1 TI00105 AL ISLAM & KEMUHAMMADIYAHAN 3 2 TI00104       MPK
2 TI00414 PEMROGRAMAN BERBASIS WEB 3 TI00306       MKB
3 TI00313 ALJABAR LINIER 3 TI00309       MKK
4 TI00616 PEMROGRAMAN MOBILE 3 TI00306       MKB
5 TI00308 TEORI BHS & AUTOMATA 3 TI00311       MKK
6 TI00407 PRAK. PEMROG BERBASIS WEB 1 TI00306       MKB
7 TI00314 AKUNTANSI 2         MKK
8 TI00109 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2         MPK
2 TI00318 SISTIM OPERASI 3 TI00315       MKK
7 TI00405 PRAK SIST OPERASI** 1         MKB
Jumlah SKS 23              
Semester 4
1 TI00106 AIK 4 2 TI00105       MPK
5 TI00319 SISTIM INFORMASI 3 TI00312       MKK
3 TI00316 METODE NUMERIK 3 TI00313       MKK
4 TI00317 STATISTIKA & PROBABILISTIK 3 TI00309       MKK
3   TECHNOPRENEUR 2         MPB
6 TI00420 JARINGAN KOMPUTER 3 TI00315       MKB
8 TI00409 PRAK JAR KOMPUTER 1 TI00315       MKB
9   AUDIT  SISTEM 3 TI00319         MKB
Jumlah SKS 20              
Semester 5
1 TI00413 REKAYASA PERANGKAT LUNAK 3 TI00319       MKB
2 TI00411 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK 3 TI00306       MKB
3 TI00501 METODE PENELITIAN 3         MPB
4 TI00425 INT. MAN & KOMP 3 TI00411         MKB
5 TI00502 PKL 3         MPB
6 TI00322 TEKNIK OPTIMASI 3 TI00313       MKB
7 TI00404 PRAK. PBO 1  TI00306       MKB
8  TI00408 PRAK RPL 1         MPK
Jumlah SKS 20              
Semester 6
1 TI00418 GRAFIKA KOMPUTER 3 TI00313, TI00307       MKB
2 TI00417 KECERDASAN BUATAN 3 TI00308       MKB
3 TI00203 KKN 3         MBB
4   MATA KULIAH PILIHAN 1 3         MKB
5   MATA KULIAH PILIHAN 2 3              
6   MATA KULIAH PILIHAN 3 3         MKK
Jumlah SKS 18              
Semester 7
1 TI00503 SEMINAR 2         MPB
2 TI00420 PENGOLAHAN  CITRA DIGITAL (bisa ke smt 6) 3         MKB
3  TI00415 PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEB 3 TI00414       MKB
4   MATA KULIAH PILIHAN 1 3         MKB
5   MATA KULIAH PILIHAN 2 3              
Jumlah SKS 14              
Semester 8
1 TI00505 TUGAS AKHIR * 6           MPB
2   Etika Profesi 3         MPB
Jumlah SKS 9              
TOTAL SKS 144              
Mata Kuliah Pilihan
Konsentrasi :Sistem dan  Jaringan Komputer
1 TI00428 PENGAMANAN SISTEM KOMPUTER (SMT 6) 3 TI0420       MKB
2   FORENSIK DIGITAL (SMT 6) 3 TI0420       MKB
3 TI00605 ETICHAL HACKING (SMT 7) 3 TI0420       MKB
4 TI00606 MIKROTIK 3 TI0420       MKB
5 TI00607 JARINGAN NIRKABEL DAN SISTEM BERGERAK (SMT 7) 3 TI0420       MKB
6 TI00427 PEMROGRAMAN TERDISTRIBUSI (SMT 6) 3 TI0420       MKB
Konsentrasi : Sistem Cerdas
1 TI00608 LOGIKA FUZZY (SMT 6) 3 TI00417       MKB
2 TI00609 MACHINE LEARNING (SMT 7) 3 TI00417       MKB
3 TI00602 SISTEM PAKAR (SMT 6) 3 TI00317       MKB
4 TI00423 JARINGAN SYARAF TIRUAN (SMT 6) 3 TI00417       MKB
5   ALGORITMA GENETIKA (SMT 7) 3 TI00417       MKB
6 TI00610 PENGOLAHAN BAHASA ALAMI 3 TI00417       MKB
7 TI00611 KOMPUTASI EVOLUSIONER 3 TI00417       MKB
8   PENCARIAN DAN TEMU KEMBALI INFORMASI 3 TI00417       MKB
Konsentrasi : Rekayasa Perangkat Lunak
1 TI00430 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SMT 6) 3 TI00319       MKB
2 TI00612 WEB DAN TEXT MINING (SMT 7) 3 TI00319       MKB
4 TI00614 MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI (SMT 6) 3 TI00319       MKB
5 TI00419 DATA MINING (SMT 6) 3 TI00319       MKB
6   SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS  (SMT 7) 3 TI00319       MKB
Konsentrasi : Game dan Multimedia
1 TI00617 ANIMASI KOMPUTER (SMT 6) 3 TI00418       MKB
2 TI00618 PEMROGRAMAN GAME (SMT 6) 3 TI00418       MKB
3 TI00604 PEMODELAN GAME (SMT 7) 3 TI00418       MKB
4 TI00619 DESAIN DAN KOMUNIKASI VISUAL (SMT 6) 3 TI00418       MKB
5 TI00620 DESAIN DAN APLIKASI MULTIMEDIA (SMT 7) 3 TI00418       MKB
6 TI00621 PENGAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER 3 TI00418       MKB
KODE Bahan Kajian Ranah Keilmuan Keterangan
BK1 Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Kompleksitas (AL) Terkait dengan konsep dan keahlian/kecakapan utama yang diperlukan untuk mendesain, menerapkan, dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
Bahasa Pemrograman (PL) Terkait dengan media yang digunakan programmer untuk menjabarkan konsep, memformulasikan algoritma yang diguna- kan, dan alas an atau deskaripsi pemecahan masalah.
BK2 Matematika dan Statistika Ilmu Komputasi(CN) Terkait dengan pengetahuan dan kemampuan yang berkaitan dengan aplikasi ilmu computer untuk memecahkan masalah berkaitan dalam disiplin ilmu yang berbeda-beda.
Struktur Diskrit (DS) Terkait dengan pengetahuan yang berkaitan denan teori, logika, teori grafis, dan teori kemungkinan.
BK3 Arsitektur dan Jaringan Komputer Arsitektur dan Organisasi Komputer (AR) Terkait dengan kemampuan untuk mengembangkan pemaham- an yang lebih mendalam mengenai lingkungan perangkat keras yang menjadi dasar seluruh proses komputasi, serta antarmuka yang dibangun untuk lapisan preangkat lunak yang lebih kompleks.
Sistem Operasi (OS) Terkait dengan pemahaman mengenai sistem operasi yang ber- kaitan dengan pengantarmukaan sistem operasi dengan jarring- an, serta pengembangan desain dan implementasi sistem opera- si.
Dasar-dasar Sistem(SF) Terkait dengan pendekatan integratif atas konsep-konsep dasar secara utuh dan sederhana, yang memberikan dasar umum bagi mekanisme dan kebijakan khusus yang sesuai dengan bidang tersebut.
Jaringan dan Komunikasi (NC) Terkait  dengan  pengetahuan  mengenai  seluk  beluk  jejaring komputer beserta mekanisme protokol komunikasinya.
Penjaminan dan Keamanan Informasi (IAS) Terkait dengan pengetahuan yang menentukan kendali serta proses, baik secara teknik maupun kebijakan, yang dimaksud- kan untuk melindungi serta mempertahankan informasi dan sistem  informasi  dengan  memastikan  kerahasiaan,  integritas dan ketersediaan, serta memastikan adanya verifikasi dan peneriman.
BK4 Grafik Komputer dan Multimedia Grafis dan Visualisasi (GV) Terkait  dengan  kemampuan  untuk  memanipulasi  dan  mem- produksi gambar dengan menggunakan komputer.
Multimedia Terkait dengan kemampuan multimedia dan animasi
BK5 Sistem Cerdas Artificial Intelligence (AI) Terkait dengan pemahaman dalam merancang dan membangun sistem cerdas sebagai solusi atas masalah yang rumit maupun tidak praktis untuk diselesaikan dengan metode tradisional.
Expert Sistem Terkait dengan pemahaman dalam merancang dan membangun sistem cerdas sebagai solusi atas masalah yang rumit maupun tidak praktis untuk diselesaikan dengan metode tradisional.
BK6 Sistem Terdistribusi Komputasi Paralel dan Terdistribusi (PD) Terkait dengan logika eksekusi proses ganda secara simultan, yang operasinya berpotensi untuk beririsan secara kompleks.
BK7 Rekayasa Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer (HCI) Terkait dengan pengetahuan merancang dan membangun interaksi antara manusia dengan “sistem komputasi” (kom- puter) pendukung, serta membangun sistem antarmuka yang mendukung interaksi tersebut.
Manajemen Informasi (IM) Terkait dengan pengetahuan mengenai proses penagkapan, digitalisasi, representasi, organisasi, transformasi, dan presen- tasi  informasi;  algoritma  untuk  akses  serta  pengkinian informasi yang efisien dan efektif; pemodelan data  abstraksi; serta teknik penyimpanan berkas/file.
Pengembangan Berbasis Platform(PBD) Terkait dengan desain dan pengembangan aplikasi perangkat lunak yang berada dalam platform perangkat lunak tertentu.
Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak (SDF) Terkait  dengan  konsep  dan  kecakapan  dasar  yang  berkaitan dengan proses pengembangan perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak (SE) Terkait  dengan  penerapan  teori,  pengetahuan,  dan  praktik untuk membangun sistem perangkat lunak yang handal secara efektif dan efisien untuk memenuhi permintaan pelanggan dan pengguna.
BK8 Pembentukan Karakter Isu Sosial dan Praktek Profesional (SP) Terkait dengan pertimbangan dan analisis mengenai isu sosial, etika, hukum, dan professional yang berkaitan dengan konteks komputasi.
Bahasa Indonesia Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori agama Bahasa Indonesia
Pendidikan Kewarganegaraan Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori pancasila dan kewarganegaraan
Bahasa Inggris Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori agama Bahasa Inggris
Etika Profesi Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Etika dalam Profesi yang dijalankan
BK9 AIK AIK I Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
AIK II Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
AIK III Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
AIK IV Terkait dengan pengetahuan dan penerapan teori Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
BK10 Kecakapan Hidup MAGANG Terkait dengan kecakapan dalam praktik kerja lapangan
KKN Terkait dengan kecakapan hidup dalam masyarakat
SKRIPSI

Terkait dengan kecakapan dalam penyelesaian tugas akhir, penelitian dan karya tulis

 

1 PRAKT. ALGO & PEMROGRAMAN Input/Output dan Jenis Data
    Struktur Pemrograman Pencabangan.
    Modul3: Struktur Pemrograman: Lompatan dan Kalang.
    Struktur Pemrograman: kalang.
    Variabel Larik: Matriks dan String.
    Fungsi

 

2 PRAK. ALGO & STRUKTUR DATA Array, Pointer dan Struktur
    Linked List
    Stack
    Queue
    Rekursif
    Sorting

 


 

3 PRAK.SISTEM DIGITAL Pengenalan Gerbang Logika
    Penyederhanaan Rangkaian Logika(K-MAP)
    Rangkaian Aritmatika Digital
    Aplikasi Gerbanga-Gerbang Logika 1
    Aplikasi Gerbang-Gerbang Logika 2

 

4 PRAK. PEMROGRAMAN WEB HTML (Hypertext Markup Language)
    CSS( Cascading Style Sheet)Stack.
    Javascript
    PHP
    Konektivitas PHP dengan MYSQL
    Desain Web Mobile dengan jQuery Mobile
5 PRAK. BASIS DATA Structured Query Language (SQL)
    Data Definition Languange (DDL)
    Struktur Pemrograman: Lompatan dan Kalang
    kalang
    Variabel Larik: Matriks dan String.
    Fungsi

 

6 PRAKT. REKAYASA PERANGKAT LUNAK Pengenalan OOAD
    Pengenalan Rational Rose
    Use Case diagram
    Class Diagram
    Sequence Diagram
    Deployment Diagram

 

7 PRAK. PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK Instalasi dan Elemen Dasar Java
    Operator,Control Flowdan String
    Class
    Threads
    Eksepsi (Exception)
    Java Graphical User Interface

 

8 PRAK. SIS OPERASI Pengenalan Sistem Komputer dan Sistem Operasi Linux
    Struktur Sistem Operasi Linux
    Manajemen I/O dan Manajemen Memori
    Proses Thread dan Deadlock
    Manajemen File dan Disk
    Sistem Operasi Tersebar

 

 

9 PRAK. JARINGAN KOMP Teori dasar jaringan
    Pengenalan RouterOS (Instalasi dan Konfigurasi)
    Dasar Firewall (Filter, NAT, Mangle)
    Bridge dan Routing
    Tunnel, VPN dan Proxy
    HotSpot, DHCP, Queue