Mengesankan, 2 Mahasiswa Informatika Menjadi Terbaik Se-Fakultas pada Yudisium 2024

informatika.umsida.ac.id Saat pelaksanaan yudisium Fakultas Saintek dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FST Umsida) tahun akademik 2023-2024 pada pekan lalu, (14/06/2024), menghasilkan tujuh lulusan terbaik fakultas dan program studi. Mereka memiliki cerita masing-masing saat kuliah hingga mendapat predikat ini. Salah satu yudisium terbaik FST tahun ini adalah Alvito Dian Pratama Putra dari prodi Informatika. Ia menamatkan kuliahnya dalam waktu 3,5 tahun/7 semester.

“Sejak awal memang saya berniat serius belajar mengingat kuliah saya yang dibiayai penuh oleh orang tua saya. Ya bagaimana caranya saya bisa jadi yang terbaik untuk setidaknya membalas jasa mereka. Saya juga aktif di luar kelas, seperti daftar MBKM yang membuat saya mengeksplorasi kemampuan saya,” ucap Vito.

Walau kuliahnya ditanggung orang tua, Vito tak tinggal diam. Saat kuliah juga, ia memiliki pekerjaan sampingan sebagai freelancer desain grafis tanpa sepengetahuan orang tuanya. Vito memulainya pada pertengahan semester, saat itu juga ia harus pintar membagi waktu untuk bekerja dan kuliah. Akhirnya ia harus mengorbankan waktu tidurnya agar bisa mengerjakan keduanya.

“Ilmu informatika itu bertaut, jadi kalau ketinggalan satu materi saja, akan sulit memahami materi berikutnya, apalagi saya dulu dari jurusan IPS. Jadi saya lebih sering mencuri start agar meskipun saya punya banyak kegiatan tapi tidak ketinggalan materi perkuliahan,” terang lulusan yang mendapatkan IPK 3,88 ini.

Hal serupa juga dialami oleh Habib Husain A, yudisium terbaik 2 prodi Informatika mengatakan bahwa memang dari awal ia masuk kuliah, lulusan yang biasa dipanggil Habib ini sudah menargetkan untuk meraih pencapaian ini.

“Menurut saya, kesempatan seperti ini (menjadi salah satu yudisium terbaik fakultas) hanya bisa saya dapatkan sekali selama empat tahun kuliah. Jadi sejak awal kuliah, saya konsisten mengulang materi kuliah yang telah saya dapatkan. Saya juga mempraktekkan teori kuliah di tempat kerja agar lebih paham,” ujar lulusan yang menamatkan kuliahnya selama 3,5 tahun/7 semester.

Memiliki waktu kuliah memotivasinya untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan maksimal. Hingga akhirnya saat yudisium ia merasa lega karena sesuai dengan apa yang ia inginkan dengan IPK yang cukup memuaskan, yakni 3,87 dengan masa studi 3,5 tahun dan membuatnya menjadi yudisium terbaik prodi.

Bertita Terkini

Pameran Teknologi Menyajikan Penggunaan Virtual Reality (VR) untuk Masa Depan
March 8, 2024By
Informatic Festival Competition #2 dengan tema “Mencetak Generasi Z Yang Unggul Dan Inovatif”
March 8, 2024By
M. Nauval Amrullah dari Prodi Informatika UMSIDA Raih Gelar Juara di Bandung Lautan Api 4 2023 Internasional Championship
February 29, 2024By
IPSI Banyuwangi Championship: Havi Ihsan Fadillah dari Prodi Informatika UMSIDA Raih Kemenangan di Kelas D Putra Tingkat Dewasa
February 29, 2024By
Mencapai 2 Dekade : Orientasi Asisten Laboratorium Informatika Umsida Angkat Tema Kepemimpinan
February 19, 2024By
Menjelajah Dunia Web Development, Umsida.dev Adakan Workshop “Mulai dari 0, Belajar Web Development”
December 4, 2023By
Menginspirasi! Aslab Informatika Umsida Sukses Gelar Workshop “Machine Learning with Python”
November 29, 2023By
Kerjasama MoA Prodi Informatika Umsida dengan SMAMDA Sidoarjo
October 11, 2023By

Prestasi

M. Nauval Amrullah dari Prodi Informatika UMSIDA Raih Gelar Juara di Bandung Lautan Api 4 2023 Internasional Championship
February 29, 2024By
IPSI Banyuwangi Championship: Havi Ihsan Fadillah dari Prodi Informatika UMSIDA Raih Kemenangan di Kelas D Putra Tingkat Dewasa
February 29, 2024By
Lulus 3,5 Tahun, Mahasiswa Informatika Raih IPK Tertinggi Se-Fakultas Saintek
May 8, 2023By
Mahasiswa Informatika menjadi Juara II pada Lomba Eksplorasi Wisata Nusantara Tingkat Nasional
September 20, 2021By
Mahasiswa Umsida Lolos Seleksi Program Bangkit-Kampus Merdeka
February 2, 2021By