Expo Saintek 2023 “Web Design Programming Competition”

Melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi saat ini sudah menjadi impian dan cita-cita bagi para lulusan sekolah menengah, mengingat tuntutan perkembangan dan kemajuan era globalisasi khususnya dalam dunia kerja dan bisnis yang membutuhkan kualifikasi tingkat pendidikan yang semakin tinggi.

Dalam kompleksitas jenis dan spesifikasi perguruan tinggi beserta fakultas dan jurusannya justru seringkali membuat seorang tamatan sekolah menengah atas mengalami kebingungan untuk menentukan pilihan jenis dan spesifikasi pendidikan perguruan tingginya demi masa depan yang diperjuangkan. Keanekaragaman yang ditawarkan justru semakin membuat siswa lulusan sekolah menengah atas mengalami keraguan dalam memilih. Oleh sebab itu, kejelasan informasi tentang suatu perguruan tinggi amat diperlukan sehingga memberikan gambaran idealisme profesi dan masa depan kepada pembelajar, yang bermanfaat dalam memberi motivasi dan semangat menempuh dan berjuang demi masa depan.

Dalam rangka mengantisipasinya dan menyikapi kondisi diatas dirasakan sangat perlu diberikan informasi dan gambaran profil secara lengkap kepada para siswa dan masyarakat tentang gambaran masa depan yang akan dimasuki serta kondisi realistis dunia semakin mengglobal yang terus berkembang secara kompetitif. Oleh sebab itu, perlu diadakan kegiatan yang bersifat memaparkan kejelasan arah, merangsang, memicu, dan memberikan peluang kepada generasi muda untuk lebih belajar berjuang, bersaing, bekerja sama, dan bersikap sportif.

Memasuki perkembangan abad 21 selaras dengan kemajuan dunia teknologi informasi, dunia terasa semakin menyempit dan kian mengglobal dalam konteks peradaban teknologi. Demikian pula halnya dengan informasi dalam dunia pendidikan, kian hari kian semakin terasa amat menyeluruh dan kompleks, terutama selaras dengan kompleksitas jenjang dan jenisnya. Begitupun halnya dengan perguruan tinggi yang ada di dunia ini, seolah terpaparkan semakin majemuk dalam aneka ragam jenis perguruan tinggi dan spesifikasi fakultas serta jurusan. Semua yang ditawarkan dalma profil perguruan tinggi terasa seolah amat menjanjikan dan memberikan gambaran masa depan lebih baik.

Informatika Umsida telah menyelenggarakan kegiatan Lomba Web Design Programming yang tergabung dalam acara Saintek Expo 2023 yang dilaksanakan di Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tanggal 3 Januari 2023 kemarin. Total hampir 200 peserta dan guru pendamping serta superter yang turut memeriahkan kegiatan ini.

Lomba ini terselenggara secara nasional dan diikuti oleh siswa siswi SMA/SMK dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Persaingan dari peserta lomba sangat sengit dengan selisih nilai penjurian yang tipis, bahkan bernilai koma. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas peserta sangat mumpuni dan telah dilatih dengan baik oleh sekolah asal. Hasilnya SMAN 1 Sidoarjo meraih juara 1 dan disusul oleh SMK yang lain. Berikut daftar juara pada event ini:

Juara 1

Kelompok 6 SMAN 1 Sidoarjo
– Orvala Athalla Prabowo
– Melvin Irsyad Kuncoro
Point : 870

Juara 2
Kelompok 8 SMK 1 Krian
1. Hanif as shoqri
2. Moh. Angga yunus
Point : 850

Juara 3
Kelompok 9 SMK Telkom Sidoarjo
– Muhammad Ayondi Ramadhan
– Michael Budiputra
Point : 830

Bertita Terkini

Pameran Teknologi Menyajikan Penggunaan Virtual Reality (VR) untuk Masa Depan
March 8, 2024By
Informatic Festival Competition #2 dengan tema “Mencetak Generasi Z Yang Unggul Dan Inovatif”
March 8, 2024By
M. Nauval Amrullah dari Prodi Informatika UMSIDA Raih Gelar Juara di Bandung Lautan Api 4 2023 Internasional Championship
February 29, 2024By
IPSI Banyuwangi Championship: Havi Ihsan Fadillah dari Prodi Informatika UMSIDA Raih Kemenangan di Kelas D Putra Tingkat Dewasa
February 29, 2024By
Mencapai 2 Dekade : Orientasi Asisten Laboratorium Informatika Umsida Angkat Tema Kepemimpinan
February 19, 2024By
Menjelajah Dunia Web Development, Umsida.dev Adakan Workshop “Mulai dari 0, Belajar Web Development”
December 4, 2023By
Menginspirasi! Aslab Informatika Umsida Sukses Gelar Workshop “Machine Learning with Python”
November 29, 2023By
Kerjasama MoA Prodi Informatika Umsida dengan SMAMDA Sidoarjo
October 11, 2023By

Prestasi

M. Nauval Amrullah dari Prodi Informatika UMSIDA Raih Gelar Juara di Bandung Lautan Api 4 2023 Internasional Championship
February 29, 2024By
IPSI Banyuwangi Championship: Havi Ihsan Fadillah dari Prodi Informatika UMSIDA Raih Kemenangan di Kelas D Putra Tingkat Dewasa
February 29, 2024By
Lulus 3,5 Tahun, Mahasiswa Informatika Raih IPK Tertinggi Se-Fakultas Saintek
May 8, 2023By
Mahasiswa Informatika menjadi Juara II pada Lomba Eksplorasi Wisata Nusantara Tingkat Nasional
September 20, 2021By
Mahasiswa Umsida Lolos Seleksi Program Bangkit-Kampus Merdeka
February 2, 2021By